Kick Off #BulanCintaLaut, LPMUKP Ambil Bagian

0
147
views

Yogyakarta – Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) ikut ambil bagian dalam Kick Off #BulanCintaLaut di Pantai Parangkusumo Yogyakarta. Bersama pendamping, debitur, dan perwakilan tim pusat, LPMUKP turut dalam Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

“Pencanangan bulan bersih laut ini pemanasan saja, tidak hanya enam bulan sekali. Ke depan akan sering datang ke seluruh pantai di Indonesia. Menjadikan laut biru, langit biru itu tanggungjawab bersama sebagai manusia,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Jumat (28/1/2022).

Trenggono juga menegaskan bahwa setiap aktivitas manusia mempengaruhi laut, apalagi dengan adanya peningkatan populasi penduduk yang menghasilkan sampah yang apabila tidak dikelola akan menurunkan produktivitas laut.

Sepanjang kurang lebih 1,53 kilometer dari Pantai Parangkusumo hingga Pantai Parangtritis, sampah-sampah dibersihkan oleh sekitar 500 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Kegiatan ini rutin dilakukan KKP untuk mengurangi pencemaran sampah terutama plastik. Apalagi tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah forum internasional G20 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” di mana isu lingkungan menjadi salah satu topik pembahasan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Bantul Halim Muslih yang pada sambutannya menyampaikan terima kasih atas gerakan ini yang juga sejalan dengan program Bantul Bersih Sampah tahun 2025. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan berharga untuk mengenalkan potensi Kabupaten Bantul dengan tagline-nya Bumi Projo Tamansari.

Hermawan Jatmiko, Kepala Divisi Operasional dan Kemitraan Usaha LPMUKP yang turut serta dalam kegiatan Kick Off itu menyambut baik kegiatan ini. “Kegiatan yang luar biasa dan menarik apalagi kalau seluruh masyarakat pesisir dalam satu bulan cukup satu hari meluangkan kegiatan bersih pantai,” harapnya.

Sementara itu, Fakhrudin Al Rozi, pendamping Lokasi Layanan Pendampingan (LLP) Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul merasa yakin bahwa laut yang bersih dan lestari akan mempengaruhi kesejahteraan warga.

Dalam rangkaian Kick Off ini pula, Menteri Trenggono berkunjung ke Sentra Pengolahan Ikan di Pantai Depok yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) yang sejak tahun 2019 dikelola oleh salah satu debitur binaan LPMUKP yaitu Koperasi Mina Bahari 45. Menteri berharap fasilitas yang ada dapat dimaksimalkan untuk mendorong perputaran ekonomi yang besar, termasuk menyerap tenaga kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here