LPMUKP Terus Berkomitmen Bantu UMKM Perikanan Atasi Kendala Usaha

0
346
views

Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) terus menunjukkan komitmennya dalam membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor kelautan dan perikanan untuk mencapai kemajuan dan keberlanjutan usaha. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah melalui program monitoring usaha secara berkala, termasuk kunjungan lapangan ke debitur.

Baru-baru ini, tim LPMUKP melakukan kunjungan lapangan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Vanamen Jaya dan Pokdakan Mina Abadi di Kebumen, Jawa Tengah. Kedua pokdakan ini telah menjadi mitra LPMUKP sejak tahun 2018 dan bergerak di bidang usaha budidaya udang vaname. Dana dari LPMUKP telah dimanfaatkan oleh kedua pokdakan tersebut untuk operasional budidaya, meliputi penyiapan lahan, peralatan budidaya, benih, dan pakan.

Namun, saat ini usaha kedua pokdakan tersebut terancam oleh buruknya kualitas air dan dampak pasca Covid-19. Kondisi ini mengakibatkan penurunan produksi udang vaname dan berakibat pada pendapatan mereka. Penurunan pendapatan ini dikhawatirkan akan berimbas pada pengembalian dana bergulir LPMUKP.

Menanggapi situasi ini, LPMUKP sigap memberikan pendampingan usaha kepada Pokdakan Vanamen Jaya dan Pokdakan Mina Abadi di Kebumen untuk mengatasi masalah yang ada dan membantu dalam meningkatkan kembali produksinya. Diharapkan dengan upaya ini, kedua pokdakan tersebut dapat bangkit kembali dan mampu melaksanakan pengembalian dana bergulir secara lancar.

“Melalui kegiatan monitoring usaha mitra seperti saat ini dilaksanakan, diharapkan dapat membantu para pelaku usaha UMKM KP untuk dapat bertahan dan berkembang untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih baik,” ujar Dicky Rachmanzah, Kepala Divisi Perencanaan dan Umum LPMUKP.

Komitmen LPMUKP untuk membantu para UMKM binaan dalam mencapai kesuksesan dan keberlanjutan usaha mereka tidak hanya sebatas pendampingan usaha. LPMUKP juga mengajak seluruh pelaku usaha UMKM perikanan untuk memanfaatkan berbagai program yang tersedia guna meningkatkan daya saing dan mencapai kesuksesan usahanya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here