LPMUKP Tingkatkan Kompetensi Manajerial dan Pengelolaan Risiko Melalui Sertifikasi GRCO

0
98
views

Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kompetensi pegawainya, khususnya di tingkat manajerial dan bagian risiko. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan dan sertifikasi GRCO (Governance, Risk, and Compliance for Officer) pada tanggal 29 hingga 30 April 2024 untuk pelatihan dan 14 Mei 2024 untuk ujian sertifikasi atau penilaian kompetensi di kantor LPMUKP.

Sertifikasi GRCO ini dirancang khusus untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang kokoh tentang hakikat dan persyaratan penerapan Tatakelola, Risiko, dan Kepatuhan (GRC) di lingkungan organisasi kerja.

Sebanyak 13 peserta dari LPMUKP mengikuti sertifikasi ini, yang terdiri dari para kepala divisi dan sub divisi, serta Satuan Pemeriksaan Intern dan Analis Pinjaman dan Obligasi.

Melalui sertifikasi ini, diharapkan SDM LPMUKP dapat meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan peran di lingkungan unit kerja masing-masing.

“Diadakan sertifikasi ini agar manajerial dan para pengelola risiko dapat memahami konsep tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan, lalu langkah selanjutnya bagaimana mengimplemetasikan ketiga hal tersebut kedalam proses bisnis LPMUKP, harapan akhirnya, meyakinkan bahwa indikator target kinerja LPMUKP yang ada di Kontrak Kinerja dengan Kementerian Keuangan dapat tercapai” ungkap Dicky Rachmanzah, selaku Kepala Divisi Perencanaan dan Umum.

Selain itu, sertifikasi GRCO juga diharapkan dapat memastikan terpenuhinya kompetensi kerja pada jabatan Profesional Pratama GRC dan meningkatkan keunggulan daya saing SDM organisasi dalam penerapan tatakelola, manajemen risiko, dan kepatuhan untuk mencapai peningkatan kinerja organisasi yang berkelanjutan.

Kegiatan GRCO ini merupakan salah satu bentuk komitmen LPMUKP dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan profesional. Dengan meningkatkan kompetensi pegawainya, LPMUKP diharapkan dapat terus berkontribusi dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here