Meriahnya Festival Pantai Bandar Segara Probolinggo

0
616
views

Festival Pantai Bandar Segara yang digelar oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo di Dusun Bandaran Desa Dringu Kecamatan Dringu, juga dihadiri oleh Bupati Probolinggo, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepala Divisi Keuangan dan Pengelolaan Risiko BLU LPMUKP (KKP), Kamis (12/3/2020).

Kegiatan yang dimeriahkan dengan Gita Laut (Gerakan Cinta Laut) dan Festival Ikan Asap ini diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari Kepala OPD, Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Pokdakan, Poklahsar, Pokmaswas, para kepala desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Dringu serta pelajar SMP, SMA dan SMK di wilayah Kecamatan Dringu.

Festival Pantai Bandar Segara ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Muhammad Yusuf, Kepala Divisi Keuangan dan Pengelolaan Risiko BLU LPMUKP (KKP) Kartika Rini dan beberapa jajaran terkait yang terlibat.

Kegiatan ini diawali dengan peninjauan ke lokasi Festival Ikan Asap yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Dilanjutkan dengan penanaman cemara di pinggir Pantai Bandar Segara.

Direktur P4K KKP RI Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa 50% air laut sudah terkontaminasi dengan plastik. Jadi kalau melihat perut ikan itu sudah pasti nanti itu berbahaya bagi kesehatan. Jangan sampai yang dimakan setiap hari itu plastiknya.

Yusuf juga meminta agar anak-anak yang baru lulus bangku SMA supaya didaftarkan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk bisa didaftarkan di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) secara gratis di Jakarta. Program ini diprioritaskan kepada anak dari nelayan, kelompok minoritas dan penggerak konservasi.

“Jika butuh akses kredit, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BLU LPMUKP memberikan kemudahan dengan bunga 3% setahun. Tolong dibantu bagaimana masyarakat bisa mengakses kredit bagi nelayan,” tegasnya.

Terkait akses pinjaman kredit dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri didampingi Hasan Aminuddin, Direktur P4K KKP RI Muhammad Yusuf dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo menyerahkan beberapa bantuan secara simbolis kepada Pokdakan, Poklahsar dan Pokmaswas di Kabupaten Probolinggo.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here