LPMUKP TAWARKAN DANA MURAH UNTUK UMKM KELAUTAN & PERIKANAN

0
596
views

SULUT KOMENTAR.  Badan Layanan Umum Lembaga Pengelolah Modal Usaha Kelautan Perikanan (BLU LPMUKP) menawarkan dana murah melalui skema pinjaman lunak dengan Bunga Bank hanya 06 % per Tahun

BLU LPMUKP yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Manado melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Penyaluran Pinjaman Pola Executing kepada  tenaga pendamping dari 5 Propinsi ; Sulawesi Utara , Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara. Di Hotel Swessbel Maleosan Manado.(8/11-2019).

Tujuan pelatihan, untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendamping dalam layanan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kelautan dan Perikanan. Kota Manado menjadi salah satu dari 5 kota besar lainnya di Indonesia,  tempat pelaksanaan kegiatan ini.

Dr. Tineke Adam, MSi. Kepala Dinas  Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara, menjelaskan,  keberadaan LPMUKP sebagai satuan kerja dalam lingkup Kementrian Kelautan Perikanan yang diberi tugas melakukan kegiatan pengelolaan modal usaha khusus untuk UMKM yang bergerak disektor Kelautan Perikanan. Dananya bersumber dari Kementrian Kelautan Perikanan.

Ada 6 unit usaha yang boleh mendapat pinjaman lunak dari LPMUKP.; Usaha Penangkapan Ikan (Nelayan). Budidaya perikanan. Pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Usaha Garam rakyat. Wisata bahari dan Kedai pesisir.

Ditambahkan Tineke Adam, karena ini merupakan dana pinjaman lunak, maka pihak BRI dan LPMUKP mensyaratkan harus ada anggunan sebesar 30%  dari Total pinjaman, berupa sertifikat.  Diharapkan kepada UMKM sektor Kelautan Perikanan di Sulawesi Utara memanfaatkan kesempatan ini.

Dana yang tersedia sangat besar, karena LPMUKP tidak memberi  batasan maksimum pengajuan pinjaman. Tinggal melihat keseriusan dan kemampuan UMKM mengelolah dana pinjaman tersebut. Tantang Tineke Adam, kepada pengusaha disektor Kelautan Perikanan di Sulawesi Utara.

Hadir langsung Direktur LPMUKP Edison Tampubolon, SE. MM. dan Kanwil BRI Manado, utusan tenaga pendampingan dari 5 Propinsi.: Sulut, Gorontalo, Sulteng, Maluku, Maluku Utara. (jansen) Source: http://www.komentar.co.id

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here