Usaha Kelautan dan Perikanan, Ini Cara Peroleh Modal LPMUKP

0
242
views

Pangandaran – Modal dalam suatu usaha merupakan hal yang sangat penting. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan modal, salah satunya dengan cara meminjam ke lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Namun untuk memperolehnya, tentu berbagai persyaratan harus dipenuhi dan rangkaian proses harus diikuti oleh pelaku usaha.

Begitu juga dengan pelaku usaha kelautan dan perikanan, baik perorangan, kelompok, maupun koperasi. Mereka dapat mengajukan modal usaha salah satunya ke lembaga di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan yang bernama Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP). Menariknya, bunga yang ditawarkan bisa dibilang ringan, sekitar 3% pertahun dan terdapat tenaga pendamping yang mendampingi para pelaku usaha.

“Saya selalu sampaikan ke pelaku usaha kelautan dan perikanan, kalo mau acc harus aktif usahanya, persyaratan harus dipenuhi sesuai peraturan,” terang Iik Rizkiadi, pendamping Lokasi Layanan Pendampingan (LLP) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Bagi pria yang telah menjadi pendamping LPMUKP sejak 2017 ini, keseriusan pelaku usaha dalam mengakses modal sangat penting untuk dipertimbangkan. Ia menggali informasi mengenai gambaran usaha calon debitur melalui telepon. Selanjutnya, Iik memastikan karakter mereka, salah satunya dengan bertanya kepada warga setempat.

Beberapa hal tersebut merupakan cara yang dilakukan Iik untuk menyeleksi awal para calon debitur LPMUKP. Barulah kemudian persyaratan administratif harus dilengkapi calon debitur.

Peran tenaga pendamping seperti Iik tidak berhenti sampai di situ. Mereka akan mengawal sampai hasil pengajuan proposal keluar. Jika disetujui, pendampingan berlanjut sampai tahap pencairan, kemudian memastikan usaha debitur berjalan dengan baik sampai dengan pengembalian pinjaman lunas.

Selain Pangandaran, Iik juga menjadi tenaga pendamping untuk LLP Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Besarnya potensi yang ada di wilayah tersebut, membuat Iik yakin bahwa pelaku usaha kelautan dan perikanan bisa terus berkembang. Terlebih dengan adanya LPMUKP yang membantu permodalan bagi para debiturnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here