KUD Mino Saroyo Cilacap Luncurkan Kapal Penangkap Ikan 30GT

0
64
views

Cilacap – Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo Cilacap Jawa Tengah meluncurkan kapal penangkap ikan berkapasitas 30 gross ton (GT), Senin (22/8/2022). Kapal yang diberi nama ‘KM Mino Saroyo 1’ itu diluncurkan perdana tepat pukul 06.00 WIB untuk berlayar ke laut selatan Pulau Jawa selama 2 bulan.

“Kami merasa senang, harapannya hasil tangkapan bagus, nahkoda dan awak kapal diberi kesehatan dan kelancaran dlm menangkap ikan di laut,” ucap Untung Jayanto Ketua Mino Saroyo yang melepas langsung kapal tersebut.

Dengan adanya kapal ukuran besar tersebut, nelayan dapat berlayar ke wilayah lebih dari 12 mil sehingga ikan yang diperoleh akan lebih optimal dan berpengaruh pada peningkatan pendapatan.

Sebelumnya diketahui bahwa wilayah tersebut merupakan zona industri dalam penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur (PIT) berbasis kuota oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pada zona tersebut nelayan tradisional tidak diperkenankan masuk. Oleh karena itu, mereka didorong untuk bergabung ke koperasi sehingga lebih mudah mengakses permodalan untuk membeli kapal besar. Dengan demikian, nelayan tidak hanya menjadi penonton melainkan ikut menangkap ikan di zona tersebut.

KKP melalui Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) memberikan solusi modal bagi usaha kelautan dan perikanan. Mengingat lembaga keuangan komersil sulit diakses untuk bidang ini. Mino Saroyo sendiri misalnya, berhasil mengadakan kapal tersebut berkat LPMUKP.

“Peluncuran kapal ini merupakan awal dari KKP untuk mensejahterakan nelayan. Sekarang ada program Pak Menteri penangkapan terukur berbasis kuota itu merupakan kesempatan emas yang harus diambil oleh para nelayan,” kata I Nengah Putra Winata Direktur LPMUKP yang hadir pada acara peluncuran.

Tidak hanya modal, KKP juga memberikan pendampingan bagi koperasi nelayan untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdaganan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), dan berbagai dokumen lainnya. Lebih dari itu, kemajuan usaha menjadi perhatian khusus yang terus dijaga oleh kementerian yang dipimpin Sakti Wahyu Trenggono ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here