Koperasi Jasa Berkah Tompo Galesong Menyulam Manfaat di Laut Takalar

0
254
views

Kehidupan sebagai pelaku usaha perikanan terutama bagi nelayan kecil seringkali penuh dengan tantangan. Namun di Kabupaten Takalar, Koperasi Jasa Berkah Tompo Galesong muncul sebagai wadah yang menyalurkan berbagai manfaat bagi pelaku usaha perikanan.

Perjalanan awalnya dimulai dari kolaborasi nelayan kecil yang rutin menangkap ikan komoditas ekspor. Meskipun terbilang muda koperasi ini berhasil berdiri pada tahun 2018 dengan tekad kuat para nelayan.

“Saat merintis hanya 24 orang. Sekarang, anggotanya sudah mencapai sekitar 1000 orang, dan 90% dari mereka aktif melaut,” ungkap Amrul (41) Ketua Koperasi.

Awalnya, banyak nelayan yang kurang memahami konsep koperasi karena adanya pungutan uang yang diperuntukan simpanan pokok dan simpanan wajib. Namun, setelah beberapa tahun berjalan kesadaran tumbuh karena koperasi memberikan manfaat yang nyata dalam membantu memasarkan ikan.

“Kami menjual berbagai jenis ikan. Untuk komoditas ekspor seperti kakap, kerapu dan gurita dijual ke perusahaan ikan di Makassar. Sementara ikan lokal seperti cumi dan tongkol dijual langsung di pasar,” jelas Amrul.

Dalam seminggu biasanya koperasi mampu menjual ke Makasar 3-4 kali dengan jumlah 1-3 ton per sekali kirim. Adapun biasanya ikan ini dijual dengan harga yang berbeda tergantung pada jenisnya. Seperti ikan tenggiri yang dihargai Rp70.000/kg, lalu kakap mulai dari Rp65.000/kg dan gurita yang dibanderol Rp60.000-Rp70.000/kg.

Saat ini unit usaha koperasi tidak hanya fokus pada jual beli ikan hasil tangkapan, tetapi juga memiliki toko swa nelayan. Dengan dukungan modal usaha dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP), toko swa nelayan menjadi unit usaha koperasi yang menyediakan berbagai perlengkapan nelayan dengan harga terjangkau.

Kehadiran Koperasi Jasa Berkah Tompo Galesong bukan hanya sebagai pemain utama dalam mewujudkan impian para nelayan kecil untuk sukses di dunia perikanan. Amrul menambahkan dengan kehadiran koperasi, nelayan merasa sangat bersyukur dan merasakan kemudahan dalam memperoleh berbagai kebutuhan untuk melaut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here