Kolaborasi Transformasi Jadi Solusi Jitu Nelayan Ternate Naik Kelas

0
260
views

Kehidupan nelayan di Desa Dufa-dufa, Ternate telah mengalami transformasi berkat Koperasi Jasa Perikanan Setia Satu Hati. Dalam waktu dua dekade, usaha yang dikelola koperasi berkembang pesat dari penjualan bahan bakar minyak menjadi berbagai unit usaha penunjang aktivitas nelayan.

Kisahnya bermula dari inisiasi para nelayan untuk pembentukan koperasi yang awalnya hanya sebuah Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan. Dengan terbentuknya koperasi, semangat para nelayan pun terakomodir hingga banyak yang berbondong-bondong untuk bergabung.

“Nelayan banyak yang ingin gabung karena keuntungan yang didapat seperti kebutuhan melaut mereka yang terpenuhi dengan adanya koperasi. Sampai sekarang bahkan sudah lebih dari 100 nelayan yang bergabung,” ungkap Irvan ketua Koperasi Jasa Perikanan Setia Satu Hati melalui sambungan telepon Kamis, (26/10/23).

Awalnya koperasi ini mendapat bantuan berupa kapal untuk operasional penangkapan. Kemudian dengan dukungan modal dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP), kini koperasi tersebut berhasil mengembangkan armadanya.

Saat ini, mereka telah berhasil memiliki dua kapal tambahan. Dengan metode penangkapan harian atau one day fishing, koperasi mampu menangkap hingga 5 ton ikan setiap harinya saat musim ikan melimpah.

Adapun hasil tangkapan utamanya saat ini adalah cakalang dan baby tuna. Ikan segar ini selanjutnya dijual ke berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan. Daerah yang menjadi destinasi utama dari pengirimannya sendiri diantaranya adalah Makasar, Surabaya dan juga Jakarta.

Selain bisnis perikanan, koperasi juga mengelola penjualan es balok untuk ikan. Dengan produksi 6000 balok es setiap bulannya, koperasi memastikan pasokan ikan nelayan tetap segar dan berkualitas. Tak berhenti di situ, para nelayan juga mendapatkan kemudahan dari koperasi dalam hal pembelian bahan bakar dengan adanya Stasiun Pengisian Bahan bakar Nelayan (SPBN).

“Rencana kedepan koperasi tidak hanya untuk nelayan Ternate. Kami berencana untuk membuka unit usaha di Halmahera Utara, memperluas jangkauan pembelian ikan dan penyediaan cold storage,” tambah Irvan.

Koperasi Perikanan Setia Satu Hati bukan hanya sekadar bisnis, melainkan sebuah cerminan dari upaya mendorong keberlanjutan ekonomi lokal. Dengan fokus pada pemberdayaan nelayan, koperasi ini membawa harapan masa depan bagi komunitas nelayan di Ternate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here