Pesona Bahari GWD, Tumbuhkan Geliat Ekonomi Pariwisata dan Cinta Lingkungan

0
254
views
DCIM100GOPROG0050940.JPG

Berbicara mengenai destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi memang tidak pernah ada habisnya. Setelah dinobatkan sebagai daerah wisata terbersih se-ASEAN oleh Tourism Standard Award 2018, Banyuwangi menyimpan wisata bahari yang potensial.

Pantai Grand Watu Dodol (GWD), destinasi yang berhadapan langsung dengan Selat Bali ini menjadi wisata unggulan nasional bahkan internasional. Tidak hanya itu, pantai ini juga diganjar sebagai pemenang kedua dalam Indonesia Sustainable Tourism Award 2019. Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas upaya GWD dalam menjaga keberlanjutan alam dan ekonomi.

Dibalik kesuksesan gemilang GWD, ada sosok inspiratif Suheri (45 tahun). Ia adalah pelaku usaha yang membantu menggali potensi ekonomi melalui pariwisata bahari. Perjalanan usahanya dimulai tahun 2017 mencakup menyediakan paket wisata seperti snorkeling, diving, fishing, juga camping.

“Paket-paket ini ditawarkan dengan harga yang beragam. Mulai dari ratusan ribu hingga satu jutaan sudah termasuk guide, transportasi dan juga perlengkapan wisata,” terang pria yang akrab disapa Heri ini.

Awalnya Heri menghadapi tantangan keterbatasan modal dalam mendukung usahanya, termasuk untuk membeli kapal dan peralatan wisata. Namun kemudian ia berhasil meraih dukungan finansial dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP). Dengan dukungan dana bergulir ini, “Pesona Bahari” yang ia miliki mampu bersaing di tingkat nasional.

“Saat ini, jumlah wisatawan terus meningkat. Setidaknya ada sekitar 300 wisatawan per bulan,” tambahnya.

Heri, yang memiliki latar belakang sebagai pelaut, mengakui bekerja di bidang pariwisata bahari lebih memuaskan. Karena selain menghasilkan uang, ia juga merasa bahwa melayani wisatawan seperti menjalankan hobi yang dibayar. Pengalaman ini pula selanjutnya mengubah pandangannya terhadap lingkungan. Yakni membuatnya lebih peduli dan berkomitmen dalam menjaga kelestarian alam demi keberlanjutan.

Bersama dengan lima operator wisata lain Heri memiliki harapan besar untuk menjaga keberlanjutan alam di GWD. Mereka berharap melalui penghijauan, penanaman terumbu karang, dan upaya lainnya dapat berkontribusi besar pada lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here