Dari Hobi Menyantap lele, Coek Hermawan Sukses Bisnis Benih Lele

0
237
views

Coek Hermawan, pria asal Ciamis Jawa Barat membuktikan bahwa hobi dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dari kegemarannya dalam menyantap lele, Coek berhasil menjadikan bisnis benih lele sebagai mata pencaharian utamanya.

Awalnya, Ia hanya mencoba-coba memijahkan ikan lele pada kolam plastik di pekarangan rumahnya. Namun lambat laut permintaan yang meningkat mendorongnya untuk menjadikan usaha ini sebagai bisnis yang sukses.

Pada 2008 lalu, setelah lulus SMA Coek bergabung dengan bisnis keluarganya di bidang mebel sekaligus memulai usaha pemijahan ikan lele. Keberhasilannya dalam bisnis ini pun cukup memuaskan, hingga akhirnya orangtuanya meminta Coek untuk meneruskan usaha tersebut.

“Hasilnya lumayan, akhirnya orangtua meminta saya untuk melanjutkan usaha ikan lele ini,” ungkap Coek melalui sambungan telepon, Rabu (12/7/2023).

Dalam usahanya, Coek menawarkan benih lele dengan harga yang bervariasi tergantung pada ukuran ikan. Benih lele berukuran 3-5 cm dijual dengan harga Rp50-60 per ekor, sedangkan lele berukuran 5-8 cm dijual dengan harga Rp160-180 per ekor. Sementara itu, lele dengan panjang 8-12 cm dijual dengan harga Rp27.000-30.000 per kilogram.

Tidak hanya memenuhi permintaan di Kabupaten Ciamis, benih lele produksi Coek juga diminati oleh pembudidaya dari kota-kota lain seperti Garut dan Pangandaran. Bahkan Coek pernah mengirimkan pesanan sebanyak 67 ribu ekor benih lele dalam satu kali pengiriman dengan pendapatan sekitar Rp12 juta.

Coek tidak hanya fokus pada penjualan benih lele, tetapi juga menawarkan benih ikan lain seperti gurami, mas koki, dan nila. Namun, menurutnya permintaan untuk benih lele tetap menjadi yang tertinggi.

“Lele ini tahan lama dan perawatannya mudah, sehingga banyak yang membeli benih lele untuk dibesarkan,” jelasnya.

Keberhasilan Coek dalam bisnis benih lele tidak terlepas dari kegigihannya dan dukungan modal dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP). Saat ini, Coek telah memiliki 40 kolam pemijahan untuk memperluas usahanya di masa depan. Dengan dedikasi dan dukungan yang tepat, Coek berhasil mengubah hobi sederhana menjadi bisnis yang berkembang dan menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here