Pinjaman Modal, Dorong KUB Doa Sibuah Hati Tambah Pekerja

0
42
views

Aceh Timur – Adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi segala sektor, namun sektor kelautan dan perikanan mampu bertahan dan malah mengalami kenaikan. Seperti diungkapkan Kelompok Usaha Bersama Doa Sibuah Hati (KUB DSH) yang justru menambah pekerja.

“Alhamdulillah tidak masalah, malah naik. Selama pandemi dari kemarin sampai saat ini, mungkin kalo gak ada perikanan mungkin (Indonesia) akan collapse”, ungkap Erly Wadi, Direktur KUB DSH.

Di tengah pandemi, nyatanya KUB DSH mampu menambah pekerja menjadi ratusan orang. “Ada sekitar 320 orang pekerja borongan,” kata Erly melanjutkan.

Pekerja tersebut merupakan masyarakat sekitar. Ada yang menjadi pemilah ikan, penimbang, sampai pengepakan. Mereka kebanyakan perempuan karena pekerja laki-laki memiliki tugas utama pada bongkar muat.

Bukan perempuan biasa, rata-rata mereka bisa dibilang kurang beruntung. “Ada yang suaminya sudah meninggal, ada yang narkoba, ada yang dipenjara. Mereka memberikan doa-doa sehingga usaha lancar,” ungkap pria kelahiran 1979 itu.

Penghasilan sebagai pekerja borongan bisa dibilang tidak sedikit karena bisa mencapai Rp6 juta perbulan. Padahal, untuk mendapatkan jumlah tersebut, tak mengharuskan mereka bekerja sebulan penuh, tergantung besar sedikitnya jumlah ikan yang dipilah hingga dikemas. Selain mendapatkan upah yang layak, pekerja juga memperoleh makan gratis.

KUB DSH menjalankan usaha penangkapan ikan sejak 2010. Saat ini, KUB DSH memiliki 42 titik pemasaran di Indonesia. Ikan yang menjadi unggulan diantaranya ikan layang biru, deho, cakalang, timun, dan tuna. Khusus ikan layur, sudah diekspor ke China melalui perusahaan mitra.

Saat ini, KUB DSH memiliki cold storage di Idi Rayeuk dan Banda Aceh. Mereka berencana menambah pabrik di Banda Aceh. Guna memudahkan pengawasan terhadap aktivitas usahanya, pemantauan ke berbagai lokasi dilakukan secara ketat melalui ruang controlling yang diawasi langsung oleh Erly.

Adanya fasilitas permodalan dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) yang mereka terima pada 2020 adalah pendorong KUB DSH mampu mempekerjakan ratusan orang sehingga perekonomian meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here