Kontribusi Samsudin Dorong Ketahanan Pangan Lewat Budidaya Perikanan

0
239
views

Ketahanan pangan menjadi sorotan utama dalam upaya negara untuk memastikan ketersediaan, aksesibilitas, dan kualitas makanan yang memadai bagi penduduknya. Di Indonesia, peran individu dalam mencapai ketahanan pangan menjadi penentu disamping aspek lainnya seperti kebijakan pemerintah, sosial budaya, dan ekonomi.

Salah satu individu yang berperan penting dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Tanah Bumbu adalah Samsuddin (54). Pelaku usaha yang merintis budidaya ikan dari membentuk Kelompok ini, diawalinya sejak dia bermigrasi dari Sulawesi ke Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada 2005 lalu.

Samsuddin tidak hanya fokus membudidayakan satu jenis ikan dalam usahanya. Dia berhasil membudidayakan berbagai komoditas seperti ikan bandeng, udang windu, dan juga kepiting bakau. Menurutnya dengan kerjasama yang melibatkan 16 anggota, kelompok mampu menghasilkan produksi yang tinggi.

“Dari produksi kelompok kita bisa menghasilkan sekitar 5 kwintal – 1 ton ikan dengan kepiting yang paling dominan,” terangnya.

Selanjutnya, hasil panen mereka pun biasanya dijual ke pengepul di daerah tersebut, termasuk ke wilayah lain seperti Banjarmasin. Dengan nilai jual yang menjanjikan, produk perikanan Samsudin dan kelompoknya pun bervariatif sehingga mampu dijangkau oleh masyarakat.

“Untuk ikan bandeng dijual seharga Rp18.000 per kilogram, kalau udang biasanya Rp80.000 per kilogram, dan kepiting Rp200.000 per kilogram,” tambahnya.

Dalam usaha untuk mengembangkan bisnisnya, Samsuddin memanfaatkan modal usaha dari Lembaga Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP). Modal ini ia gunakan untuk memperbaiki sarana budidaya dan meningkatkan jumlah bibit budidaya, yang pada akhirnya menghasilkan panen yang lebih besar.

Melalui perjuangan dan kerja kerasnya, Samsuddin membuktikan bahwa usaha budidaya perikanan bukan hanya berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tetapi juga dapat menambah nilai keuntungan bagi pelaku usaha. Dengan semangatnya, ia telah memberikan kontribusi yang dalam mendukung ketahanan pangan serta memberikan inspirasi bagi pelaku usaha lain untuk berinovasi dan berkontribusi bagi negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here