Kisah Oki Pendamping Perempuan Inspiratif dari LPMUKP

0
283
views

Karawang – Tak hanya menjadi sosok inspiratif di lingkungan keluarga, kaum perempuan sering kali memiliki peran penting dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan Oki Sri Mulyati (43), peran dan pengabdiannya di Kabupaten Karawang sangat dirasakan manfaatnya, khususnya bagi masyarakat kelautan dan perikanan di sana.

Berawal dari kecintaannya terhadap dunia kelautan dan perikanan, Oki mengawali kegiatan pengabdian dengan menjadi seorang tenaga penyuluh perikanan pada tahun 2008. Selain termotivasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, Oki menyadari bahwa memberikan dukungan pendampingan usaha di sektor kelautan dan perikanan merupakan hal yang tak kalah penting.

“Modal adalah salah satu hal penting bagi masyarakat dalam memulai usaha, dari situ saya ingin mendampingi para pelaku usaha kelautan dan perikanan agar mereka berhasil. Hingga pada tahun 2017 saya diamanahi untuk menjadi pendamping di Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) untuk mendampingi pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan,” jelas Oki.

Dalam memberikan pendampingan, Oki terbiasa berjuang menerjang macetnya jalanan dan jauhnya jarak dengan menggunakan kendaraan umum. Meskipun Ia tidak bisa mengendarai kendaraan, tak lantas menyurutkan niat baiknya untuk terus melakukan pengabdian. Berkat usaha kerasnya, kini sebanyak puluhan pelaku usaha telah sukses ia dampingi.

“Meskipun tidak bisa naik motor, tapi ingin membuktikan bahwa saya bisa ke lapangan bagaimana pun caranya. Saya berfikir masih ada kendaraan umum. Selagi bisa, justru jadi kebanggaan, walaupun saya perempuan,” jelas Oki dengan bangga.

Fokus di dunia pengabdian bukan berarti Oki mengabaikan tanggung jawab utamanya sebagai istri. Dengan kegigihan dan ketulusannya, ia mampu membagi waktu antara keduanya sekaligus bisa menjadi sosok panutan bagi kedua anaknya. Oki percaya bahwa setiap perempuan bisa untuk aktif dan berkontribusi dalam hal apapun.

“Untuk para ibu, meskipun kita banyak keterbatasan dan banyak aktifitas yang harus dikerjakan, selain mengurus keluarga dan pekerjaan. Jangan putus asa, tetap berjuang untuk keluarga dan masyarakat, buktikan kalau perempuan pun bisa untuk berkontribusi,” pungkas Oki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here