HUT Ke-24, KKP Dorong Pertumbuhan Industri Ikan Hias dengan Fasilitasi Modal Usaha

0
314
views

Dalam upaya memperkuat industri ikan hias di Indonesia, Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) turut serta dalam Festival Ikan Hias Nusantara 2023. Festival ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan, merayakan HUT ke-24 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Festival ini bukan hanya menjadi ajang memperkenalkan ikan hias air tawar khususnya endemik Indonesia kepada masyarakat. Tetapi juga sebagai wadah pertemuan dan berbagi informasi antara komunitas pecinta ikan hias, pelaku usaha, dan juga investor.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, mengungkapkan bahwa peringkat Indonesia sebagai salah satu eksportir ikan hias terbesar di dunia sudah naik kelas. Prestasi ini dibuktikan dengan posisi Indonesia yang kini menduduki peringkat kedua, menggeser posisi Singapura dan Belanda.

“Berdasarkan data International Trade Statistics, nilai ekspor ikan hias Indonesia tahun 2022 mencapai USD36,4 juta atau 11,3% dari total ekspor ikan hias dunia yang mencapai USD321 juta,” ungkap Menteri Trenggono pada pembukaan acara yang berlangsung di Mall Epiwalk, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Sementara itu, CEO Kalikan Ardani Yusuf Prawira mengungkapkan rencananya untuk mengadakan pameran skala internasional tahun depan bersama KKP. Ia bahkan berambisi menjadikan Indonesia sebagai pusat ikan hias dunia.

“Kami berharap dengan kolaborasi seperti ini, kita dapat terus mengembangkan dunia ikan hias Indonesia melalui peran UMKM, pembudidaya, dan pelaku usaha,” ujar Ardani dalam sambutannya.

Festival Ikan Hias Nusantara 2023 sendiri berlangsung hingga 29 Oktober mendatang. Kegiatan ini menampilkan lebih dari 26 jenis ikan hias, termasuk jenis-jenis endemik yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti Arwana Super Red, Koi, Koki, Chana, dan Discus.

Selanjutnya dengan fasilitasi modal usaha yang disiapkan oleh LPMUKP, para pelaku usaha ikan hias dalam negeri dapat terus bergeliat. Dengan dorongan ini, diharapkan industri ikan hias Tanah Air akan terus maju dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here