5 Tahun LPMUKP, Semangat Membangun Indonesia

0
61
views

 

Jakarta – Semangat Membangun Indonesia menjadi tema peringatan hari ulang tahun kelima Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP). Energi positif harus terus diberikan kepada masyarakat kelautan dan perikanan seluruh Indonesia.

“LPMUKP adalah bagian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berjuang menyalurkan pinjaman modal bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan. Mudah-mudahan LPMUKP terus membesar,” ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (Sekjen KKP) Antam Novambar, secara langsung dalam kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Mina Bahari II KKP, Senin (20/9/2021).

Kepada 352 pegawai BLU LPMUKP, baik yang di kantor pusat maupun daerah, Sekjen KKP mengucapkan terima kasih atas semangat pengabdian selama lima tahun ini. “Setiap elemen BLU LPMUKP, ke depan harus bisa ditingkatkan capaian yang saya yakin pasti bisa diraih,” ucap Novambar.

Pada kesempatan itu, melalui perayaan yang juga diikuti sebagian besar pegawai melalui daring, Direktur BLU LPMUKP Syarif Syahrial mengungkapkan usia lima tahun ini masihlah tergolong muda. “Usia ini usia balita. Usia pemantapan untuk memberikan layanan yang lebih baik ke depan. Kita jaga dan kelola bersama BLU LPMUKP,” tegas Syahrial.

Ia mengakui banyaknya tantangan dan perjuangan dalam memberikan layanan kepada masyarakat kelautan dan perikanan. Namun, berkat semangat membangun Indonesia, modal usaha terus digulirkan ke pelosok tanah air. Berbagai jenis usaha kelautan dan perikanan milik masyarakat telah merasakan kehadiran LPMUKP. Mereka adalah pelaku usaha penangkapan ikan, pelaku usaha pembudidayaan ikan, pelaku usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, pelaku usaha garam rakyat dan pelaku usaha masyarakat pesisir.

Menurut Tony Sumantri, Ketua Dewan Pengawas BLU LPMUKP yang turut hadir secara daring, lembaga memiliki peran strategis dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kelautan dan perikanan.

“Usia yang terbilang muda ini menjadi take off kita untuk mulai langsung terbang dengan etos kerja tinggi dan selanjutnya meraih prestasi tinggi, yaitu meningkatkan perekonomian sektor kelautan dan perikanan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Operasional dan Pengelolaan Risiko Hermawan Jatmiko mengungkapkan apa yang telah dicapai selama lima tahun ini tak lepas dari kontribusi semua pihak yang terlibat langsung dalam membangun LPMUKP. Semoga kerjasama, kerja keras dan kerja ikhlas ini menjadi berkah bagi kita semua,” katanya.

LPMUKP memiliki tugas utama untuk memberikan layanan pinjaman atau pembiayaan dana bergulir yang berpendampingan kepada pelaku UMKM sektor Kelautan dan Perikanan. Penguatan akses permodalan diiringi dengan kegiatan pendampingan diharapkan mampu memitigasi risiko dan mendorong kinerja pelaku usaha kelautan dan perikanan. LPMUKP ditetapkan sebagai instansi pemerintah dengan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 20 September 2016 . Penetapan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan ini menjadi titik awal pemberian layanan akses permodalan yang lebih baik bagi masyarakat kelautan dan perikanan. (IR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here