Permodalan LPMUKP Sentuh Nelayan Buton Utara

0
58
views

Buton Utara – Dibukanya Lokasi Layanan Pendampingan Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) di Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan angin segar bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan di daerah itu.

Sauding (34), nelayan di Desa Wa Ode Buri Kecamatan Kulisusu Utara, mengenal LPMUKP dari Muslimin DJ, pendamping yang melakukan sosialisasi di desanya. Setelah mendapatkan penjelasan, Sauding mulai mempersiapkan berkas, pembuatan RAB, proses dan alur pengajuan proposal, sampai pencairan pinjaman.

“Awalnya saya ragu mengajukan permohonan pinjaman, karena lembaga ini baru di daerah saya. Saya juga tidak mengerti bagaimana cara mengajukan proposal pinjaman, rasanya sulit. Tapi untungnya saya dibantu pendamping,” tuturnya, Sabtu (29/8/2021).

Bantuan permodalan sangat berpengaruh bagi Sauding. “Kemarin kan tidak bisa kita operasi, body rusak terlalu rendah, sama mesin juga sudah tua. Setelah ada pinjaman ini sudah lumayan bagus,” tuturnya.

Ia juga membuat dua rompong baru, di mana sebelumnya hanya ada satu rompong. Ia yakin dalam waktu satu hingga dua bulan saja rompong baru akan dihinggapi ikan.

Sauding sangat berterima kasih kepada pendamping yang telah menfasilitasi akses pinjaman modal. “Terima kasih LPMUKP telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi bagian dari mitra usahanya. LPMUKP jaya di darat berkibar di laut,” katanya.

Sementara itu, Muslimin yang menjadi pendampingnya, mengatakan siap melayani 24 jam pelaku usaha kelautan dan perikanan. Ia berharap dana yang diperoleh benar-benar dapat digunakan untuk meningkatkan usaha debitur. Salah satunya meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat nelayan. “Semoga ada pemerataan pendapatan yang berkeadilan dapat tersalurkan melalui bingkai LPMUKP,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here