Kunci Sukses Budidaya Lele Puluhan Tahun

0
55
views

Cirebon – Lele merupakan salah satu jenis ikan familiar yang mudah kita jumpai di pasaran. Ikan berdaging tebal ini dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Tak heran, jika lele banyak dicari dan digemari semua kalangan.

Popularitas lele dimanfaatkan para pembudidaya untuk dijadikan sebagai ladang penghasil rupiah. Salah satunya oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kersa Mulya Bakti yang terletak di Desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Usaha budidaya ikan air tawar yang dirintis sejak 1998 ini, dipelopori oleh Suganda (51) yang berlatar belakang sebagai petani. Awalnya, Ia membudidaya ikan gurame, ikan nila, dan ikan mas, namun gagal. Hingga akhirnya beralih ke budidaya lele yang dianggapnya lebih mudah dibudidayakan dan menguntungkan.

Berkat keberaniannya, Suganda mengubah sepetak sawah menjadi kolam budidaya. Bersama anggota Kersa Mulya Bakti lainnya, mereka mengelola lebih dari 350 kolam di lahan seluas 35 hektare. Hasil panen lele pun melimpah ruah, mencapai lebih dari tiga ton per hari.

Keberhasilan dalam membudidayakan lele selama dua dekade dengan hasil yang optimal, tak lepas dari adanya pengelolaan internal Pokdakan yang baik. Menurut Suganda, hal yang paling ditekankan adalah kebersamaan antar anggota untuk mencapai satu tujuan yang sama.

“Karena sifatnya kita ini kelompok, yang paling kami tekankan adalah kebersamaan pikiran. Tujuan kita harus sama, sama-sama ingin maju dan berkembang,” tegas Ketua Pokdakan itu.

Demi menghasilkan lele terbaik, Kersa Mulya Bakti melakukan berbagai perawatan yang maksimal. Dimulai dari pemilihan benih yang berkualitas, pemberian pakan tepat waktu, serta vitamin dan probiotik secara rutin.

Meski usahanya sudah cukup besar, namun Suganda bersama anggota kelompoknya terus berupaya meningkatkan hasil produksi. Hal ini didukung oleh Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan atau LPMUKP Kementerian Kelautan dan Perikanan. Melalui permodalan yang digulirkan, Pokdakan Kersa Mulya Bakti dapat merehab kolam dan menjaga ketersediaan pakan lele yang berkualitas.

Pemasaran lele hasil budidaya pun tak menjadi masalah karena pelanggan datang silih berganti dari berbagai daerah, seperti Cirebon, Jabodetabek, dan juga Semarang. Kualitas lele yang terjamin dan pelayanan yang maksimal, membuat pelanggan tetap setia mengambil lele dari Kersa Mulya Bakti. Itulah yang terus dijaga dan menjadi salah kunci keberhasilan usaha budidaya lele selama puluhan tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here