Permodalan LPMUKP Dukung Budidaya Lele di Boyolali

0
362
views

Boyolali – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) menggulirkan pinjaman modal kepada pelaku usaha budidaya lele di Boyolali untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil budidaya mereka.

“Terima kasih BLU LPMUKP sudah men-support,” ujar Menteri Trenggono didampingi Bupati Boyolali, Muh. Said Hidayat dan anggota DPD Denty Eka Widi Pratiwi saat melakukan kunjungan kerja, Kamis (27/1/2022).

Selain ucapan terima kasih tersebut, Menteri juga berharap agar proses pencairan pinjaman dapat lebih cepat ke depannya sehingga pelaku usaha kelautan dan perikanan segera dapat merasakan manfaatnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan simbolis kepada pelaku usaha budidaya lele. Penyerahan dilakukan di Kampung Lele, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. “Terus terang bagus, alhamdulillah semuanya bisa lancar. Pak Eko sendiri selaku pendamping kami melayani kami yang ingin pinjam mandiri,” tutur Sri Widodo yang telah menjadi pembudidaya lele selama 12 tahun.

Sri juga mengapresiasi pendamping yang mau hadir pada pertemuan rutin pembudidaya lele. Kehadiran pendamping bersama penyuluh dirasa dapat memberikan semangat dan berbagai solusi atas permasalahan yang terjadi.

Rencananya modal yang dipinjamkan akan digunakan Sri untuk pembelian pakan, benih, dan menambah kolam yang saat ini berjumlah 15 petak. Ia optimis, produksi lelenya akan bertambah dan dapat meningkatkan perekonomian.

Upaya LPMUKP ini sejalan dengan salah satu program besar Menteri Trenggono, yakni untuk mengembangkan kampung budidaya di berbagai daerah di Indonesia. “Setiap kecamatan harus ada kampung perikanan budidaya dengan ciri khas masing-masing. Di sini sudah produksi lele, di kecamatan lain harus ada misal kampung nila, kampung patin, kampung ikan dewa, dan sebagainya,” harap Menteri Trenggono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here