Menuju Indonesia Maju Melalui Penguatan Daya Saing Usaha

0
310
views

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelar acara Pasar Rakyat yang bertema “Menuju Indonesia Maju Melalui Penguatan Daya Saing Usaha”. Acara ini dimeriahkan berbagai bazar penjualan produk kreasi rakyat dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Pasar rakyat ini diadakan dalam rangka meningkatkan awareness dan kepedulian masyarakat untuk turut serta menyukseskan program-program pemerintah. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan ragam komoditas unggul dan kebudayaan dari berbagai wilayah di Indonesia sehingga dapat membangkitkan semangat toleransi, persatuan, dan nasionalisme di masyarakat.

Selain mengadakan pesta rakyat, kegiatan lainnya adalah penandatanganan MoU kerjasama yang melibatkan Menteri Keuangan, Menteri Pertanian, Menteri Sosial dan Menteri PDTT. Direktur LPMUKP, Edison Tampubolon ikut serta dalam penandatanganan terkait dengan perjanjian kerjasama mengenai TOL data, atau satu data antar BLU diseluruh kementerian, sesuai dengan Perpres Nomor 39 tentang satu data Indonesia.

Salah satu isi pada Perpres Nomor 39 Pasal 1 ayat 1 ini adalah “Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk. Diharapkan dengan perjanjian MoU ini, dalam mengakses data-data terkait dengan lembaga BLU dapat diakses dengan mudah, cepat dan kredibel. (30/8)

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here