Giliran Kelompok Usaha di Kalteng Terima Dana Bergulir

0
261
views

Palangkaraya – Pembudidaya perikanan di Kalimantan Tengah (Kalteng), yang tergabung dalam 22 kelompok usaha,  mendapatkan dana bergulir sebagai tambahan modal untuk mengembangkan usaha budidaya perikanan mereka.

Penyaluran  dana bergulir dalam ruang lingkup provinsi ini adalah yang kedua kali, setelah sebelumnya  model yang sama juga disalurkan kepada beberapa kelompok usaha di Sumatera Barat. “Semoga peneriman manfaat di Kalteng dapat kembali menuai kesuksesan seperti teman-teman di Sumatera Barat,” kata Direktur  Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) Syarif Syahrial, Jumat (19/3/2021).

Ia menyampaikan dari sekitar 60 orang yang tergabung dalam 22 kelompok usaha,  sebagian besar atau 78%  adalah pembudidaya   ikan patin, udang dan ikan bandeng. “Saya berharap jumlah penerima manfaat   terus meningkat, apalagi jika mendapat dukungan penuh dari  Gubernur, kami yakin realisasi pinjaman untuk peningkatan akses permodalan bagi masyarakat  di Provinsi Kalteng akan terus meningkat,” katanya.

Kegiatan  yang berlangsung di  Aula Serba Guna Rumah Jabatan  Gubernur Kalteng ini dihadiri langsung oleh Gubernur  Kalteng H Sugianto Sabran. “Besar harapan saya, melalui program ini dapat membantu mengatasi permasalahan permodalan dan pengembangan usaha juga memperkuat daya saing pelaku usaha kelautan dan perikanan yang potensial, khususnya pelaku usaha di kateng,” katanya.

Ia juga berpesan kepada pelaku usaha yang  memperoleh bantuan pinjaman dana bergulir  dapat mengelola modal usaha dengan baik dan bertanggung jawab dengan memanfaatkan pendampingan dari BLU LPMUKP KKP. “Pengelolaan yang baik akan membantu meningkatkan produksi hasil perikanan di Kalteng,” kata Gubernur Kalteng.

Turut hadir dalam kegiatan, Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya KKP  Slamet Soebjakto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng H Darliansjah, undangan dari bank mitra,  serta perwakilan dari pembudidaya ikan penerima manfaat.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP menegaskan kementeriannya siap mendukung dan mengawal pembangunan kelautan dan perikanan di Kalteng. “Khususnya dalam pengembangan budidaya air tawar,  potensi yang ada di Kalteng sangat luar biasa,” kata  Slamet Soebjakto.

Sementara itu, Junaidi, perwakilan dari  penerima manfaat asal  Kabupaten Kapuas, berterimakasih ia sudah mendapat kepercayaan mengelola dana pinjaman untuk modal usaha kelompok.  “Rencana dana ini akan kami gunakan untuk kegiatan usaha. Selama ini kami hanya mengandalkan dana dari sumber keuangan KUR, dengan jumlah pinjaman yang terbatas,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here